article Jangan Ambil Resiko! Gunakan Camlock Jenis Ini Agar Aman! cover image
20 June 2022 Camlock

Jangan Ambil Resiko! Gunakan Camlock Jenis Ini Agar Aman!

Beranda > Artikel > Camlock > Jangan Ambil Resiko! Gunakan Camlock Jenis Ini Agar Aman!

Camlock adalah penyambung pada selang atau pipa. Dengan menggunakan bahan ini, maka proses penyambungan lebih kuat sehingga aman dari kebocoran.

 

Menyambung pipa atau selang kadang bukan perkara mudah. Selain ketepatan ukuran yang harus sesuai, bahannya pun kadang menjadikan licin sehingga mudah terlepas. Cairan yang mengalir juga mempengaruhi kekuatan sambungan.

 

Mengapa Harus Camlock yang Aman?

 

Sebagaimana kegunaannya untuk menyambung pipa atau selang, cam-lock harus cukup kuat. pemilihan ukuran dan model sering kali menjadi prioritas utama. Dalam penggunaan sehari-hari terjadinya kebocoran air mungkin bukan masalah serius.

 

Baca Juga : Bagaimana cara memilih camlock yang terbaik

 

Berbeda dengan jika hal tersebut terjadi pada industri. Kebocoran dapat menimbulkan banyak kerugian. Jika yang dialirkan melalui pipa adalah bahan mudah terbakar, maka dapat menyebabkan musibah kebakaran.

 

Apabila yang mengalir berupa cairan panas, tentu dapat mengenai karyawan. Resiko ini tentu tidak main-main karena menyangkut keselamatan kerja. Perusahaan dapat menerima sanksi jika mengabaikannya.

 

Dalam industri, setiap tetes bahan sangat berguna. Apabila ada kebocoran yang tidak terdeteksi tentu akan menyebabkan kerugian secara ekonomi. Di samping itu, dengan berkurangnya zat yang hilang selama kebocoran dapat menyebabkan kurangnya komposisi bahan. 

 

Akibatnya hasil dari pengolahan tidak sesuai harapan. Sebelum membeli cam-lock, pertimbangkan terlebih dulu jenis bahan yang akan melewatinya. Dengan demikian, dapat menyesuaikan bahan yang paling tepat.

 

Pentingnya Memilih Camlock

 

Memilih barang ini memang gampang-gampang susah. Sekilas beberapa item terlihat sama, mungkin hanya warna dari bahan yang membedakan. Oleh karena itu, mengenali bahan sebelum membeli sangat penting.

 

Setelah pemasangan, bukan berarti semua pekerjaan selesai. Anda tetap harus mengecek untuk memastikan bahwa barang dapat bekerja secara maksimal. Jangan sampai masih terjadi rembes yang merugikan.

 

Pengecekan mengenai kekuatan camlock juga sangat penting. Tujuannya adalah untuk menghindari lepasnya sambungan karena pemasangan yang tidak sesuai dengan ketentuan. Jika terjadi, tentu sangat merugikan.

 

 

Memilih alat ini mungkin terasa membingungkan. Namun, tidak demikian bagi yang sudah terbiasa menggunakan. Camlock menjadi alat tidak terpisahkan bagi industri yang berhubungan dengan bahan berbentuk liquid.

 

Jenis Camlock yang Aman


Camlock yang aman tentu saja dapat menyambung pipa atau selang dengan kuat dan sempurna. Tandanya adalah tidak ada rembesan baik berupa liquid maupun cairan dan gas dari bahan yang mengalir.

 

Gunakan hanya cam-lock yang sesuai ukuran dan dan berkualitas. Pemilihan bahan yang tepat dapat menjadikan penggunaan lebih awet sehingga tidak perlu sering menggantinya. Berikut beberapa jenis yang perlu dipertimbangkan:

 

1. Bahan Stainless Steel

Jenis bahan ini terbukti awet namun harganya sedikit lebih mahal. Stainless steel merupakan jenis logam yang kuat dan aman. Oleh karena itu, banyak perabot rumah tangga, termasuk alat masak yang terbuat dari bahan satu ini.

 

Lihat Produk Kami : PP Camlock Type DC

 

Warna khasnya adalah putih seperti perak dengan permukaan mengkilap dan licin. Jenis ini juga tahan terhadap cuaca maupun air sehingga tidak mudah timbul karat. Selain itu, bahan ini juga tidak menyerap sehingga bagian dalam maupun luar bersih.

 

Jika menggunakan bahan ini, tidak perlu menambah aplikasi lain untuk melindungi permukaannya. Barang yang terbuat dari stainless steel ketika diangkat terasa lebih berbobot karena susunan partikelnya yang rapat.

 

Lihat Produk Kami : Band Clamping System

 

Secara kimia, bahan penyusun stainless steel adalah oksida yang kaya akan kromium sehingga tidak dapat mengalami pembusukan. Berdasarkan jenisnya, ada tiga, yaitu: SS 304, SS 316 dan SS 316L.

 

Untuk harga, yang termahal adalah dari bahan SS 316L karena paling baik. Bahan ini jika disentuh terasa keras dan dingin. Jenis ini sangat estetik dan termasuk bahan dekorasi avant-garde. Oleh karena itu banyak industri besar yang menggunakan.

 

 

Kelebihan

 

Stainless steel mempunyai ketahanan terhadap korosi yang tinggi. Dinding bagian dalam bersih karena bahan tidak mudah menempel. Hal ini dapat membantu terjadinya kondensasi kotoran, menghindari tumbuhnya bakteri, dan polutan media.

 

 

Selain itu, produksi juga terhindar dari bau yang tidak seharusnya. Bahan ini cukup mudah untuk dibentuk sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. Intensitasnya sangat baik sehingga menghindari kebocoran.

 

 

Jenis ini dapat digunakan untuk cairan atau liquid bersuhu dingin sampai panas karena ketahananya. Rentangnya antara -30 derajat sampai dengan 230 derajat Celcius.

 

Penggunaan yang Paling Tepat

 

Penggunaan pada kondisi yang sesuai akan menjadikan alat semakin awet. Pemilihan bahan harusnya mempertimbangkan hal tersebut. Cam-lock dari bahan stainless steel sangat variatif dalam penggunaan

 

Bahan ini sangat tepat digunakan pada kawasan industri, kebutuhan sehari-hari dan dekorasi. Spesifikasi dari stainless steel sendiri cocok untuk:

  • Tekanan: menahan tekanan 16 kg, sedangkan pada saat terhubung tabung kemampuannya meningkat, dapat tahan tekanan sampai ratusan kg.
  • Jenis zat yang dapat dialirkan: minyak tanah, bensin, mazahot, oli hidrolik, oli pendingin pada mesin, cairan garam, basa dan asam.
  • Cara koneksi: dapat dengan ulir internal, ulir eksternal, flens, pengelasan, dan kunci pas.
  • Untuk penyegel dapat menggunakan bahan: NBR, Viton EPDM

 


2. Kuningan

Seperti namanya, bahan ini berwarna kuning. Salah satu jenis logam ini juga cukup kuat karena susunan partikelnya padat. Bahan pembuatnya dari tembaga dan sel. Biasanya bahan seng sekitar 50-96% dari komposisi.

 

Kelebihan

 

Bahan kuningan merupakan penghantar panas yang baik. Kekuatannya cukup dapat diandalkan. Jenis bahan ini juga termasuk mudah untuk dibentuk, tahan panas, korosi dan air garam. Camlock kuningan cukup recommended.

 

 

Penggunaan yang Paling Tepat

 

Kuningan mempunyai keunggulan dari bahan lain. meski harganya agak mahal namun karena kualitasnya banyak yang tetap memilih bahan ini. Camlock berbahan kuningan cocok untuk penggunaan di kondisi rumit karena mudah untuk merakitnya.

Untuk saluran bahan yang mengandung garam, jenis ini juga sesuai karena tahan terhadap garam. Disamping itu juga merupakan konduktivitas panas yang baik. Banyak operasional sumur dalam dan kapal yang menggunakan bahan ini.

 

3. Aluminium

Aluminium sendiri ada dua jenis, yaitu deformasi dan pengecoran. Sedangkan yang digunakan untuk cam-lock biasanya berasal dari proses pengecoran. Berdasarkan bahan kimia tambahannya bisa berupa silikon, tembaga, magnesium dan Al-Zn.

 

 

Kelebihan

 

Bahan camlock dari aluminium cukup murah dibanding lainnya. Selain itu juga mudah dibentuk, konduktivitas listrik dan termal yang baik. Dengan kelebihan ini, jika menggunakan dalam jumlah banyak tentu biayanya lebih efisien.

 

Penggunaan yang Paling Tepat

 

Dengan melihat bahan dari aluminium, jenis ini kurang sesuai digunakan pada cairan basa atau asam. Agar awet dan tahan lama, camlock aluminium cocok untuk air tawar dan air campur minyak.

 

Untuk mendapatkan jenis yang bagus pilih dari produsen terpercaya seperti PT. Badja Sentosa. Berbagai jenis camlock dan aneka ukuran yang tersedia memberi kemudahan penggunaan sesuai kebutuhan.

 

PT Badja Sentosa hanya menjual produk berkualitas untuk menjamin layanan kepada konsumen. Dengan mempercayakan kebutuhan produk camlock brand ini maka usaha dan keperluan rumah tangga dapat terpenuhi.

 

Memilih camlock memang gampang-gampang susah. Namun jika mengetahui kebutuhan, ukuran dan bahan pembuatnya, tentu bukan masalah. Dengan menyesuaikan jenis cairan, dapat memilih bahan yang paling sesuai. Cek produknya di sini Teknik Saurus. 

Loading...