article Inilah 7 Jenis Alat Angkut Barang yang Harus Anda Tahu  cover image
13 April 2024 Keselamatan Kerja

Inilah 7 Jenis Alat Angkut Barang yang Harus Anda Tahu 

Beranda > Artikel > Keselamatan Kerja > Inilah 7 Jenis Alat Angkut Barang yang Harus Anda Tahu 

Alat Angkut Barang

Alat angkut barang adalah sebuah alat yang digunakan untuk menggeser beban berat dari satu lokasi ke lokasi lain dalam jangkauan yang terbatas. Seperti di area produksi pabrik, tempat penyimpanan material, lokasi konstruksi, atau area penumpukan dan pengeluaran barang dalam jumlah besar. 

 

Fungsinya mencakup perpindahan vertikal, horizontal, atau gabungan keduanya. Berbeda dengan sarana transportasi yang mengangkut barang atau orang dalam jarak yang lebih jauh, alat pemindah barang fokus pada perpindahan material dalam jarak terbatas. 

 

Untuk memfasilitasi proses pengangkutan dan pengeluaran barang yang spesifik, alat ini dapat dilengkapi dengan mekanisme penggenggam khusus atau dioperasikan secara manual. Lalu apa saja jenis?

 

Beberapa Jenis Alat Angkut Barang
peralatan angkut barang 

Dalam ranah industri, keberadaan berbagai peralatan angkut menjadi sangat penting; tidak hanya sebagai pendukung kelancaran operasional, tetapi juga untuk efisiensi waktu kerja. Karena waktu yang terbuang berarti mengganggu kelancaran operasi secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa jenis peralatan angkut barang yang umumnya digunakan dalam lingkup industry:

 

1. Belt Conveyor 


Alat pengangkut barang jenis ini berperan dalam memindahkan material industri yang berwujud padat. Jenis material yang dapat diangkut olehnya dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Faktor tersebut ialah kapasitas penanganan material, ukuran, bentuk, karakteristik material, kondisi transportasi, jarak perpindahan material, dan nilai peralatan yang digunakan.

 

2. Chain Conveyor 


Jenis selanjutnya ada Chain Conveyor yang merupakan alat yang digunakan untuk mengangkut barang horizontal untuk perjalanan jarak jauh. Biasanya, chain conveyor digunakan untuk menangani kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan screw conveyor. 

Cara kerjanya didasarkan pada putaran sprocket yang menggerakkan rantai dan mendorong produk secara horizontal.

 

3. Screw Conveyor


Screw conveyor adalah alat transportasi horizontal yang tertutup. Konstruksinya melibatkan sebuah poros yang dilingkupi oleh pisau-pisau yang membentuk spiral heliks, terpasang dalam sebuah casing yang kedap. Cara kerjanya adalah dengan memutar poros untuk mengalirkan produk secara horizontal.

 

4. Hand Trolley 

 

Hand trolley berperan sebagai alat pengangkut yang digerakkan secara manual untuk memindahkan barang. Dengan kapasitas beban sebesar 150 kg, hand trolley memiliki platform berukuran 720 mm x 480 mm dengan ketinggian platform mencapai 140 + 720 mm.

 

5. Hand Pallet

 

Hand pallet merupakan perangkat pengangkut yang digunakan untuk memindahkan barang, seringkali dengan penggerak manual, tetapi juga tersedia dalam versi listrik. Hand pallet memiliki kemampuan untuk mengangkat beban berat hingga mencapai 1 ton.

 

6. Hand Stacker


Hand stacker adalah alat angkut barang yang dapat digunakan secara manual maupun listrik untuk memindahkan barang. Versi manual dari hand stacker mampu menangani beban hingga 1 ton dengan ketinggian maksimum angkatan sekitar 1,4 meter.

 

7. Drum Handler


Drum handler adalah perangkat pengangkut yang dirancang untuk mempermudah proses penyusunan, pengangkatan, dan perpindahan drum dengan cepat dan efisien. 

 

Alat ini umumnya digunakan di berbagai pabrik dan industri yang mengolah bahan cair, di mana drum digunakan sebagai wadah utama untuk penyimpanan dan transportasi.

 

Dapatkan Alat Angkut Barang Terbaik di Teknik Saurus


Jika Anda sedang mencari alat angkut barang dengan kualitas terbaik maka Teknik Saurus adalah solusi terbaik. Tekniksaurus.com adalah platform e-commerce yang telah beroperasi sejak tahun 2016, mengkhususkan diri dalam penjualan produk industri. 

 

Kami menyediakan berbagai barang umum yang diperlukan di berbagai sektor industri, termasuk alat untuk angkut barang. Visi kami adalah menyediakan solusi lengkap bagi para pembeli industri, menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk kebutuhan barang industry pelanggan. 

 

Kami sangat memperhatikan kepuasan pelanggan, oleh karena itu, kami hanya menjual produk asli dan berkualitas tinggi. Tak hanya itu saja, kami Teknik Saurus juga menawarkan harga yang terbaik untuk para pelanggan. 

 

Oleh karenanya tak perlu ragu lagi untuk memilih kami karena dijamin lengkap dan Anda juga akan puas. Untuk pemesanan sendiri bisa dilakukan secara langsung melalui laman website resmi kami. Anda bisa langsung melihat-lihat dan memilih barang maupun alat angkut yang Anda butuhnya.

 

Di website tersebut bahkan telah dicantumkan gambar beserta dengan spesifikasinya. Dengan begitu Anda akan lebih mudah menemukan yang paling dibutuhkan.  

 

Bahkan Anda juga bisa mendapatkan informasi terbaru dari website kami. Jangan lupa kunjungi juga media sosial kami untuk informasi menarik lainnya. Jadi tunggu apalagi segera pesan sekarang juga untuk mendapatkan alat angkut barang dengan kualitas terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Loading...