article Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Meteran Irigasi cover image
10 December 2022 PT Badja Abadi Sentosa

Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Meteran Irigasi

Beranda > Artikel > PT Badja Abadi Sentosa > Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Meteran Irigasi

Dikatakan bahwa lebih dari 70% permukaan bumi tersusun dari unsur air, hanya saja air yang ada tidak semuanya bisa dikonsumsi. Untuk itulah manusia sering digalakkan untuk lebih bijaksana dalam menggunakan air. Lalu apa jadinya untuk mereka yang memiliki lapangan golf atau lapangan luas lainnya yang memerlukan pengairan untuk menjaga panorama rumput tetap asri? Solusinya adalah dengan menggunakan meteran irigasi.

 

Meteran Irigasi dan Pemanfaatan Air secara Efektif


Air merupakan salah satu unsur penting yang senantiasa akan selalu dibutuhkan. Betapa tidak, hampir semua peradaban di masa lalu selalu ditemukan tidak jauh dari sumber mata air. Hal tersebut menunjukkan bahwa keberadaan air sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup, baik untuk manusia, hewan maupun tumbuhan. Air juga memiliki posisi strategis untuk menyeimbangkan kondisi lingkungan.

 

Baca Juga : Inilah Ragam Keunggulan Meteran Air Digital

 

Hanya saja ada yang perlu untuk diingat bahwa ada beberapa jenis air, yakni air tanah, air laut, dan air danau. Dari ketiga jenis tersebut, hanya air tanah yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan konsumsi. Sayangnya, pemanfaatan air tanah yang semakin tidak terkontrol telah menyebabkan banyak masalah. Beberapa masalah yang akhir-akhir ini marak terjadi adalah:

 

1. Penurunan permukaan tanah


Ketika air tanah diambil secara berlebihan, hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya defisit volume air di dalam tanah yang kemudian akan membuat tanah menjadi turun. Misalnya masalah penurunan tanah yang sedang melanda Jakarta. Hal tersebut salah satunya karena disebabkan tata kelola air tanah yang kurang efektif.

 

2. Intrusi air laut


Salah satu bahaya besar yang juga akan melanda umat manusia di masa depan adalah terjadinya intrusi air laut. Ketika air tanah dieksploitasi sedemikian rupa, maka hal tersebut dapat membuat air asin laut memasuki pori-pori tanah dan menyebabkan air tanah tidak layak lagi untuk digunakan untuk kegiatan konsumsi.

 

3. Kontur lahan menjadi miring


Ini merupakan lanjutan dari penurunan tanah. Jika Anda pernah menjumpai sebuah bangunan yang tiba-tiba ambles, bisa jadi itu merupakan efek dari kegiatan pemanfaatan air tanah yang berlebihan.

 

4. Pencemaran air tanah


Jika air tanah diambil dan dimanfaatkan secara serampangan, maka hal tersebut akan berdampak pada tercemarnya air tanah. Misalnya saja proses pengeboran yang berlebihan akan membuat kandungan air tanah tidak stabil lagi.

 

Mulai dari untuk kegiatan mandi, masak, rekreasi, hingga untuk kepentingan irigasi, manusia telah melakukan eksploitasi secara masif dalam beberapa dekade belakang. Sebut saja irigasi. Bagi mereka yang memiliki lahan luas atau tanah lapang, demi menjaga tumbuhan atau pohon tetap hidup, hampir setiap hari dilakukan penyiraman.

 

Penyiraman itu tujuannya memang baik, akan tetapi jika tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan banyak masalah seperti pembengkakan tagihan air atau yang paling buruk adalah boros air. Nah, supaya proses irigasi tersebut tidak memakan banyak biaya serta mendorong agar proses irigasi berjalan secara efektif, meteran air irigasi adalah solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

 

Lihat Produk Kami : Water Meter Irigasi Size 65 mm

 

Bagi yang belum paham, meteran irigasi adalah sebuah alat yang digunakan untuk proses penyiraman di luar ruangan, misalnya untuk menyirami lapangan sepakbola, lapangan golf, green, maupun untuk mengisi air kolam. Iya benar, sebuah penyiraman yang pernah Anda saksikan di lapangan untuk menjaga rumput tetap hijau dan sehat. Itulah merupakan bagian dari kinerja meteran irigasi.

 

Ia digunakan untuk memastikan bahwa air yang keluar tidak ada yang sia-sia serta untuk menjaga agar tidak terjadi pemborosan air saat Anda melakukan penyiraman. Jika disederhanakan, maka berikut ini merupakan manfaat dari meteran irigasi:

 

1. Pengukuran penggunaan air di luar ruangan secara akurat.

2. Menghemat biaya tagihan air.

3. Sistem penyiraman atau distribusi air menjadi lebih spesifik.

 

Instalasi Meteran Irigasi

 


Untuk masalah proses pemasangan, sangat disarankan untuk meminta bantuan dari tukang ledeng. Mereka biasanya akan dengan senang hati membantu proses pemasangan serta yang tidak kalah penting akan memberikan saran-saran penting dalam rangka menghemat penggunaan air di dalam rumah tangga Anda. Adapun proses instalasi awal memang kadang bisa dinilai cukup mahal. Hanya saja jika dibandingkan dengan jumlah uang yang akan Anda hemat di masa depan, maka itu merupakan investasi yang berharga.

 

Lihat Produk Kami : Water Meter Irigasi size 80 mm

 

Lebih jauh tentang proses instalasi ini, Anda juga akan membutuhkan untuk membuat kran tambahan. Untuk itulah Anda harus aktif berkomunikasi dengan tukang ledeng untuk meminimalisir terjadinya salah paham.

 

Meteran Irigasi untuk Sistem Irigasi Lebih Baik


Jika Anda masih bingung mengapa Anda perlu untuk memasang meteran irigasi untuk kepentingan penyiraman dan irigasi di kebun atau lapangan, maupun taman cantik Anda, maka berikut kami paparkan beberapa alasan yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan:

 

1. Langkah Penghematan


Penghematan yang dimaksud adalah untuk penggunaan air serta untuk menghemat biaya tagihan air. Tagihan air yang dimaksud adalah, saat Anda menggunakan meteran irigasi, maka Anda tidak perlu membayar biaya bekas air yang akan dialirkan ke luar rumah Anda. Jika Anda menggunakan meteran irigasi, maka air yang keluar akan bisa lebih dikontrol dengan pada akhirnya Anda akan turut andil dalam program menjaga lingkungan untuk generasi selanjutnya.

 

2. Penyiraman Merata


Dengan menggunakan alat ini, maka sistem penyiraman akan lebih mengalami peningkatan. Hampir semua titik akan tersiram air untuk memastikan taman atau rumput tumbuh dengan subur secara merata. Jadi itulah tadi tentang meteran irigasi. Mari untuk lebih bijaksana dalam penggunaan air, terutama air tanah. Tak lupa kami sampaikan, jika Anda membutuhkan meteran irigasi, segera kunjungi Teknik Saurus untuk mendapatkannya.

 

Loading...