article Yuk Cari Tahu Perbedaannya! 2 Produk Strainer Terlaris! Strainer Basket U dan Y-Strainer PN-16! cover image
18 August 2022 Strainer

Yuk Cari Tahu Perbedaannya! 2 Produk Strainer Terlaris! Strainer Basket U dan Y-Strainer PN-16!

Beranda > Artikel > Strainer > Yuk Cari Tahu Perbedaannya! 2 Produk Strainer Terlaris! Strainer Basket U dan Y-Strainer PN-16!

Memang tidak boleh sembarangan dalam membeli produk khususnya alat penyaring atau filter. Untuk strainer, kenali dahulu untuk produk terlarisnya yaitu tipe basket U dan Y PN-16. Untuk keduanya pasti memiliki perbedaan karena jenisnya saja berbeda.

 

Baca Juga : Kegunaan Strainer Basket U yang Menguntungkan!

 

Perbedaan yang dilihat bisa pada kegunaan atau fungsi, bentuk, harga, sampai dengan spesifikasi. Kenali terlebih dahulu sebelum membeli alat penyaring ini sehingga tidak salah pengertian dan lebih paham saat ingin mengaplikasikannya pada saluran air Anda.

 

Perbedaan Strainer Basket U dan Y-Strainer PN-16

 

Kedua jenis filter di atas memiliki perbedaan masing-masing yang pastinya kurang dipahami oleh orang awam. Bagi Anda yang baru saja akan menggunakannya untuk mendukung sebuah sistem maka harus mengenal perbedaannya terlebih dahulu, yaitu:

 

Spesifikasi Produk


Produk ini memiliki spesifikasi yang berbeda dan pastinya akan mempengaruhi kegunaannya juga. Jika Y-Strainer berbentuk seperti huruf Y maka basket U juga berbentuk seperti huruf U. Akan tetapi, masih terdapat banyak perbedaan seperti tekanan, temperatur suhu, dan lainnya. 

Untuk Y-Strainer PN-16 memiliki spesifikasi, yaitu:

- Bahan CF8M: Cast Iron

- Flange : PN-16

- Tekanan maksimal: 16 Bar

Sedangkan, untuk spesifikasi pada alat penyaring berbentuk basket U adalah:

 

- Flange : JIS10K

- Bahan : baja

- Tekanan maksimal: 10 Kg/cm2

- Suhu maksimal: 110 derajat celcius

 

Untuk spesifikasinya sudah terlihat berbeda sehingga bisa dilihat bukan untuk kegunaannya juga berbeda. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan apa yang diinginkan sehingga sesuai pada kegunaan dari jenis basket maupun Y-Strainer.

 

Kegunaan Produk

 

Pertama, berbicara mengenai Y-Strainer PN-16 digunakan untuk filtrasi dasar yaitu menangkap serpihan padatan. Serpihan tersebut pasalnya akan mengganggu kualitas produk. Contohnya penggunaan untuk PN-16 adalah untuk aplikasi uap.

 

Tekanan dan kapasitas dari bentuk Y cukup tinggi bahkan mencapai 6000 psi sehingga sangat ideal untuk melakukan filtrasi pada sistem uap. Sangat efektif juga digunakan untuk penyaringan padatan seperti kerikil dan pasir sehingga tidak masuk ke sistem produksi.

 

Selanjutnya, untuk kegunaan dari Basket U ini adalah untuk berbagai keperluan di industri yang lebih kompleks seperti petrokimia, farmasi, pembuatan cat, pembangkit listrik, dan lainnya. Selain itu, pada padatan yang dapat ditangkap juga lebih kecil sehingga efektif meningkatkan kualitas produk.

 

Filter ini bisa digunakan untuk menghambat padatan yang lebih kecil dan halus dibandingkan kerikil dan pasir. Pada basket U ini bisa digunakan untuk output produksi karena memurnikan bahan dan terbebas dari benda berbahaya untuk produk yang dihasilkan.

 

Biasanya untuk pemasangan dari Basket U ini setelah pra-filtrasi atau Y-Strainer PN-16 sehingga kedua produk bisa dilakukan secara bersamaan.

 

Keunggulan Masing-Masing Strainer

 

Hal ketiga adalah keunggulan dalam masing-masing alat penyaring yang memiliki fungsi hampir sama, namun ternyata juga memiliki perbedaan. Keunggulan dari dua produk terlaris tersebut adalah:

 

Basket U   Y-Strainer PN-16

Proses pemurnian bisa maksimal termasuk pada sistem lingkungan industri.

Mampu menghasilkan produk akhir yang berkualitas.

Bisa menjaga peralatan dan mesin karena terhindar dari partikel padat.

Menjaga mesin karena pemeliharaan bisa dilakukan secara optimal dan otomatis.

Menurunkan biaya operasional khususnya untuk maintenance equipment.

 

Pemasangannya sangat fleksibel karena bisa dipasang secara horizontal dan vertikal

Bisa disesuaikan pada aliran air yang sudah terpasang di tempat sebelumnya.

Lebih banyak menahan tekanan untuk benda karena memiliki area yang cukup luas.

Harganya lebih murah dibandingkan basket U karena Y-Strainer PN-16 adalah versi compact.

 

Untuk keunggulan pada produk terlaris strainer dari Hartech tersebut bisa didapatkan jika penggunaannya dilakukan secara bersamaan. Tidak akan rugi jika proses produksi suatu bahan menggunakan filter karena selain produk menjadi berkualitas, prosesnya juga akan murni dan bersih.

 

Harga Produk

Melihat dari kegunaan dan manfaatnya pastinya untuk harga yang ditawarkan juga berbeda. Sedikit menyimak pada pembahasan sebelumnya, memang harga Y-Strainer PN-16 lebih rendah dibandingkan dengan tipe Basket U.

 

Untuk tipe basket U sendiri harganya mulai dari Rp3.000.000 sampai dengan Rp21.000.000 tergantung pada industri mana yang menggunakannya. 

 

Berbeda dengan Y-Strainer PN16 yang harganya mulai dari ratusan ribu saja atau bisa dibilang cukup murah karena hanya berkisar Rp800.000.

 

Akan tetapi, jika kedua strainer ini digunakan dan dirancang sedemikian rupa maka bisa menghasilkan sebuah produk yang memiliki kualitas tinggi. Seluruh keunggulan yang disebutkan di atas bisa diambil dan dirasakan oleh industri yang menggunakannya.

 

Cara Kerja Produk

 

Tidak boleh sembarangan menggunakan produknya jika belum mengetahui cara kerja yang akan dilakukan oleh kedua produk terlaris ini. Sebelumnya, Anda harus kenal terlebih dahulu pada cara kerjanya agar mampu menggunakan produk secara optimal.

 

A. Y-Strainer PN-16

Dengan areanya yang luas, maka Y-Strainer PN-16 bisa diletakkan pada bagian awal karena merupakan pra-filtrasi. 

 

Lihat Produk Kami : Y-Strainer PN-16 (Water)

 

Benda padatan akan pertama kali ditahan oleh bentuk Y dan mungkin akan ada beberapa partikel padatan yang masih lolos karena memang sulit terlihat dan terperangkap di type Y. 

 

Namun, tetap saja untuk lebih jelasnya pada cara kerja Y-Strainer PN-16 akan diulas singkat pada poin di bawah ini:

 

- Lakukan pemasangan dalam satu arah bisa horizontal maupun vertikal.
- Hadapkan ke bawah untuk elemen filtrasi yang digunakan.
- Kemudian, saringan mesh akan menyaring padatan sampai ke titik terendah dan dikumpulkan di sana.
- Saringan tersebut harus rutin dibersihkan atau bisa menggunakan koneksi blow-off sehingga pembersihan bisa dilakukan secara otomatis.

 

B. Tipe Basket U

Selanjutnya adalah tipe basket U yang memiliki kinerja secara otomatis sehingga jarang sekali diawasi karena kinerjanya yang terus-menerus. Bahkan, pada saat proses pembersihan filter bisa dilakukan secara otomatis dan tidak perlu dilakukan pembersihan manual.

 

Lihat Produk Kami : Strainer Basket U

 

Kenali terlebih dahulu untuk langkah-langkah cara kerja dari strainer Basket U ini, yaitu:

 

- Aliran akan masuk melalui inlet ke dalam alat penyaring tipe basket U.
- Aliran selanjutnya adalah panel filter dan cairan akan keluar melalui outlet sehingga diteruskan kepada pipa pada sistem operasional.
- Keranjang filter akan menyaring aliran sehingga benda padat dapat tersangkut dan terperangkap pada celah filter.
- Aliran bisa diteruskan pada sistem selanjutnya dan sudah melewati alat penyaringan bentuk basket U.

 


Meskipun begitu, pada kedua produk ini ada sedikit persamaan yaitu semakin banyak padatan yang terperangkap pada filter maka akan memiliki celah yang sempit. Jika tidak dibersihkan baik manual atau otomatis, maka pressure masuk dan keluar akan mengalami perbedaan.

 

Jangan sampai telat untuk membersihkan filter yang digunakan agar alat ini bisa awet dan lama masa penggunaannya. Selain itu, untuk menjaga tekanan masuk dan keluar agar tetap maksimal.

 

Jika ingin menggunakan dua produk strainer terlaris di atas untuk mendukung aliran berkualitas, maka bisa melihat produk di tekniksaurus.com. Merek yang terpercaya adalah Hartec karena sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun dengan produknya kualitas juara.

Loading...