article Penjelasan Lengkap Tentang Y-Strainer PN-16! cover image
25 August 2022 Strainer

Penjelasan Lengkap Tentang Y-Strainer PN-16!

Beranda > Artikel > Strainer > Penjelasan Lengkap Tentang Y-Strainer PN-16!

Menggunakan pipa untuk penyaluran air bisa jadi di dalamnya terdapat kotoran karena fluida cair dan gas bisa saja tercampur dengan serpihan benda padat. Strainer dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

 

Baca Juga : Kegunaan Strainer Basket U yang Menguntungkan!

 

Hartec Strainer fungsinya adalah untuk menyaring atau menahan sebuah serpihan agar tidak ikut ke dalam arus peralatan mekanis maupun sistem seperti valve, pompa, dan lainnya. Salah satu jenis strainer yang bisa digunakan adalah bentuk Y yang akan dibahas di artikel ini.

 

Mengenal Y-Strainer

 

Bisa juga dibilang sebagai Y filter yang mana bentuknya menyerupai huruf Y atau bisa dikenal sebagai Y Strainer. Ini merupakan komponen untuk perpipaan sehingga dapat memisahkan benda dalam perairan.

 

Biasanya benda asing yang ikut arus dalam aliran seperti kerak, korosi, bekas logam las, senyawa sambungan, dan lain sebagainya. Jika dibiarkan terus menerus, maka benda asing tersebut bisa menimbulkan permasalahan seperti flow meter, kerusakan pompa, hingga control valve.

 

Jika menggunakan Y-Strainer bisa diletakkan untuk filtrasi kasar (pra-filtrasi). Tipe Y ini bisa didefinisikan juga sebagai komponen yang berguna dalam hal penyaringan, pembuangan, dan pemurnian. 

 

Tujuannya agar dapat mencegah benda padat berada di air sehingga mengurangi masa maintenance equipment. Meskipun begitu, untuk tipe ini memiliki area yang cukup luas dan memungkinkan untuk menyaring partikel halus namun harus terdapat ukuran filter halus juga. 

 

Dengan begitu, tipe Y bisa dikatakan sangat ideal dalam memfilter udara, air, batu bara, uap, minyak bumi, maupun cairan lainnya. Produk untuk Y-Strainer ini adalah PN-16 yang memiliki spesifikasi sebagai berikut:

 

- Bahan : Cast Iron

- Flange : PN16

- Maksimal Tekanan: 16 Bar

 

Pada spesifikasi di atas, kriteria dari Y-Strainer PN-16 ini memang cocok digunakan untuk penyaringan awal (pra-filter) karena temperatur aliran air berbeda-beda.

 

 

 

Pada tipe PN-16 ini maka bisa digunakan sebagai standar pada sistem uap sehingga dapat berguna untuk pengaman cairan. Dua bentuk puing yang sering menjadi permasalahan adalah kerikil dan pasir. 

 

Oleh sebab itu, penggunaan dari Tipe Y PN-16 ini dapat memfilternya sehingga tidak akan ikut masuk. Sistem perairan harus dijaga dengan menggunakan alat penyaringan sehingga produk yang dihasilkan akan mendapatkan kualitas yang bagus dan juara.

 

Keunggulan Strainer Type Y PN-16

 

Y Strainer adalah filter yang baik untuk menghadang sebuah benda padat pada aliran air. Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh tipe Y ini mampu memberikan keuntungan tersendiri kepada penggunanya. Kenali beberapa keunggulan yang diberikan oleh Y-Strainer ini, yaitu:

 

Pemasangan Fleksibel

Pada tipe ini, pemasangannya bisa dikatakan lebih fleksibel jika dibandingkan dengan strainer tipe lainnya. Anda bisa memasangnya pada orientasi apa saja, baik itu horizontal maupun vertikal. Kedua orientasi tersebut tetap bisa memaksimalkan penggunaannya.

 

Dengan begitu, pemasangan ini bisa disesuaikan dengan tempat aliran air yang ingin dipasangkan filter tipe Y ini. Selain fleksibel, pemasangannya juga mudah sehingga yang baru memasang bisa melakukan secara mandiri tanpa harus memanggil tukang.

 

Lebih Tahan

Maksud dari lebih tahan adalah karena bisa menahan banyak tekanan bahkan dibandingkan dengan tipe lainnya. Karena ketahanan tersebut, maka sangat cocok tipe Y untuk diletakkan di awal penyaringan untuk menahan partikel-partikel yang lebih besar.

 

Harga Murah

Y-Strainer ini merupakan versi compact dan harganya relatif lebih murah. Untuk harganya sendiri bervariasi, mulai dari ratusan ribu saja hanya di hartec strainer distributor.

 

Cara Kerja Y-Strainer

 

Seperti huruf Y, dalam pemasangannya juga miring terlebih pada kaki filtrasi harus dipasang secara miring di pipa utama. Penggunaan Y-strainer biasanya untuk jalur pipa dengan tekanan tinggi.

 

Untuk lebih jelasnya, berikut cara kerjanya melalui penjelasan di bawah ini:

- Pemasangan dilakukan pada arah salah satu bisa arah horizontal maupun vertikal.
- Untuk elemen filtrasi yang dipasang harus dihadapkan ke bawah.
- Partikel padat akan berada pada titik terendah dari saringan mesh yang ada dan terkumpul disana.
- Saringan mesh tersebut akan dibersihkan secara berkala.
- Namun, agar lebih baik dapat dilengkapi koneksi blow-off agar secara otomatis bisa dibersihkan.

 

Jadi, pembersihan pada strainer jenis Y ini bisa dilakukan secara otomatis dengan pemberian koneksi blow-off pada saringannya.

 

Biasanya jenis aliran air yang dipasang tipe Y ini adalah jalur pipa hisap atau suction line. Dengan begitu, dapat dipastikan dalam pompa bisa mencegah kotoran yang masuk dengan filter kasar yang dipasang.

 

Barulah, untuk type Y ini akan dikombinasikan dengan tipe basket untuk jalur keluaran atau biasa disebut dengan discharge line. Dengan adanya screen yang halus, bisa dapat hasil aliran dengan kualitas baik karena alirannya bersih dari kotoran dan partikel padat.

 

Fungsi dari Y-Strainer PN-16

 

Strainer tipe Y ini digunakan pada industri dengan kebutuhan yang mendasar seperti untuk menangkap serpihan yang mengganggu kualitas produk. Untuk penggunaannya biasanya paling banyak adalah pada aplikasi uap.

 

Lihat Produk Kami : Y-Strainer PN-16 (Water)

 

Desain dengan bentuk Y ini pada uap yang memiliki tekanan tinggi sangat bisa mengatasi sehingga tidak akan mengalami sebuah kesulitan berarti. Kapasitas untuk PN-16 juga cukup tinggi yaitu 6000 psi sehingga banyak digunakan di berbagai situasi.

 

Pastinya untuk menghasilkan sebuah produk berkualitas, akan lebih terbantu dengan pemilihan jenis material maupun desain dan tidak akan mengalami sebuah kegagalan.

 

Lihat Produk Kami : Strainer Basket U

 

Elemen yang memang harus diperhatikan untuk mengukur tekanan tinggi adalah sebuah suhu. Bodi dengan bentuk Y yang terbuah dari chrome-moly sangat direkomendasikan dibandingkan dengan baja karbon standar karena tidak ideal untuk tekanan uap yang tinggi sampai dengan 1500 psi saja.

 

Untuk sistem uap, Y-Strainer sudah dijadikan sebuah standar karena sangat aman untuk pengaplikasian cairan. Filternya sangat efektif digunakan untuk menyaring pasir dan kerikil sehingga puing tersebut tidak akan menimbulkan permasalahan dan tidak akan masuk ke dalam sistem.

 

Cara Membersihkan Y-Strainer PN-16

 

Meskipun cara pembersihannya dapat dilakukan secara otomatis, akan tetapi bisa melihat pada langkah-langkah di bawah ini:

 

- Kurangi tekanan pada pipa tempat yang digunakan sebagai saringan saat sebelum membersihkan.
- Kemudian, untuk filter tersebut bisa dicuci caranya adalah ekstrak plugin bushing serta baut penutup.
- Dengan begitu, maka untuk bahan-bahan kotor bisa terlepas dari screen.
- Jika ukuran strainer besar maka dapat membuat akses dengan membuka penutup.
- Angkat filter agar pembersihan dan perbaikan alat bisa disemprot air atau sikat.
- Hindari penyumbatan screen dengan cara pembersihan secara berkala.


Untuk pressure pada tipe Y ini adalah gauge yang dapat dipasangkan pada titik sebelum serta sesudah. Hal tersebut berguna untuk mengetahui sebuah perbedaan pada tekanan filter.

 

Aturlah jadwal perawatan berkala agar screen filter bisa dengan rutin dibersihkan. Jika membiarkan bahan-bahan partikel padat menempel, nantinya akan menjadi keras pada filter sehingga sulit dibersihkan. Agar alat penyaringan ini awet, maka harus dibersihkan secara rutin dan berkala.

 

Loading...