article Spesifikasi API Adaptor Bottom Loading Valve 4 Inchi 2022! cover image

Spesifikasi API Adaptor Bottom Loading Valve 4 Inchi 2022!

Beranda > Artikel > Adaptor Bottom Loading > Spesifikasi API Adaptor Bottom Loading Valve 4 Inchi 2022!

Dalam kegiatan distribusi bahan bakar cair atau produk petrokimia, ada dua sistem yang biasa digunakan, yaitu top loading atau pemuatan atas serta bottom loading atau pemuatan bawah. Khusus untuk pemuatan bawah, diperlukan perlengkapan yang tepat seperti adaptor bottom loading.

 

Dalam proses pemuatan bawah ini pengisian bahan bakar cair dilakukan pada bagian bawah truk tangki menggunakan alat dan kelengkapan khusus yang dipasang di bawah truk tangki tersebut. Salah satu yang paling penting adalah API Adaptor Bottom Loading Valve 4 Inchi.

 

Mengenal Bottom Loading dalam Pengisian Produk Petrokimia

 

Sebelum masuk pada pembahasan tentang spesifikasi API Adaptor Bottom Loading Valve 4 Inchi, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu tentang apa yang dimaksud bottom loading. Hal ini cukup penting agar pembahasan tentang alat tersebut lebih mudah untuk dipahami.

 

Baca Juga : Butterfly Valve Berkualitas dari Teknik Saurus

 

Pada dasarnya sistem pemuatan bawah atau bottom loading merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan keselamatan kerja serta menurunkan biaya operasi bongkar muat produk petrokimia. Sistem ini mulai dikembangkan pada tahun 1950-an dengan konsep yang mengarah pada industri.

 

Penggunaan sistem katup yang diletakkan pada bagian bawah truk tangki terbukti mampu meningkatkan koneksi secara cepat dan aman. Dengan begitu, transfer bahan bakar cair atau produk petrokimia dari terminal ke truk tangki bisa berjalan efektif dan efisien.

 

Konsep pemuatan bawah pada prosedur bongkar muat bahan bakar dan produk petrokimia kemudian dikombinasikan dengan sistem lainnya untuk penahanan dan pengumpulan uap minyak bumi. Uap yang sebelumnya dibuang ke atmosfer bisa dipulihkan secara aman sehingga meminimalisir polusi.

 

Keunggulan Bottom Loading Dibandingkan Top Loading

Pada dasarnya, semua menginginkan proses pemuatan yang terbaik dan aman, termasuk bagaimana caranya melaksanakan prosedur bongkar muat produk petrokimia secara cepat dan efektif. 

 

Jika dibandingkan dengan sistem top loading, bottom loading memiliki beberapa keunggulan seperti berikut:

Mampu meminimalisir resiko terjadinya kebakaran akibat percikan api yang muncul selama proses pemuatan berlangsung. Hal ini bisa dilihat pada sistem top loading yang lebih beresiko memunculkan percikan api dan kebakaran akibat peralatan dan gerakan di atas truk tangki.

 

Mampu meminimalisir terjadinya tumpahan selama kegiatan pemuatan produk petrokimia berlangsung. Sehingga lebih menguntungkan dan tidak akan menimbulkan kerugian yang berarti. Sistem perlindungan overfill sesuai standar API akan mencegah terjadinya tumpahan.

 

Meningkatkan keamanan dan keselamatan operator saat harus bekerja dalam proses pemuatan ke dalam truk tangki. Dalam prosedur bottom loading, operator akan berdiri di area yang aman dan bukan di atas truk tangki yang penuh resiko.

 

Prosedur pemuatan bawah akan mencegah terjadinya kontaminasi produk oleh partikel asing karena manhole pada bagian atas truk tetap tertutup rapat selama proses pemuatan berlangsung.

 

Proses pemuatan jauh lebih cepat dan efisien karena operator tidak perlu naik ke atas truk tangki. Selain itu, lebih banyak kompartemen yang bisa diisi secara aman pada saat yang bersamaan sehingga lebih efektif dan menguntungkan.

 

Pemulihan uap pada proses pemuatan bawah bisa berlangsung cepat dan maksimal hingga 95% sehingga mengurangi tingkat polusi yang ditimbulkan selama proses pemuatan berlangsung.

 

Mengenal API Adaptor Bottom Loading Valve 4 Inchi

 

Salah satu ciri khas dari proses pemuatan bawah pada prosedur pengisian produk petrokimia ke dalam truk tangki adalah penggunaan API Bottom Loading Adaptor. Alat ini memungkinkan truk tangki untuk menjatuhkan bahan bakar di stasiun layanan tanpa adanya pemulihan uap.

 

Lihat Produk Kami : API Bottom Loading Valve 4 Inchi

 

Kunci utama dari proses pemuatan bahwa atau bottom loading adalah katup atau valve API yang dikembangkan oleh industri minyak dan transportasi. 

 

Dengan standar API (American Petroleum Institute), produk alat ini menghasilkan spesifikasi umum untuk katup pemuatan serta standarisasi alat. Katup API akan dipasang pada bagian bawah dan dihubungkan dengan pipa ke setiap kompartemen. 

 

Lihat Produk Kami : Fuel Measuring Equipment

 

Setidaknya ada satu katup API pada setiap kompartemen dan selanjutnya produk petrokimia akan dipompa melalui sistem loading arms di terminal. 

 

API Adaptor Bottom Loading Valve 4 Inchi merupakan sebuah katup poppet pegas yang didesain secara khusus untuk memudahkan proses pemuatan bawah. Alat ini berpasangan dengan coupler API dan melakukan penguncian bersama, memungkinkan terminal memompa produk petrokimia.

 

Spesifikasi API Adaptor Bottom Loading Valve 4 Inchi 2022

 

Adaptor API bottom loading memiliki peran yang sangat penting dalam proses pemuatan bawah. Alat ini dirancang secara khusus dan dibuat secara tepat agar sesuai dengan coupler API standar. Hasil akhir dari alat ini memberikan pilihan bagi penggunanya untuk menyesuaikan dengan kebutuhan.

 

Secara umum, produk alat dengan sistem katup 4 inchi ini memiliki peran yang sangat penting dalam proses pemuatan bawah. 

 

Produk yang terbuat dari bahan besi cor ini memiliki kekuatan dan daya tahan yang bagus terhadap benturan. Dengan berat 5.500 gram, produk ini juga awet untuk jangka panjang. Spesifikasi API Adaptor Bottom Loading Valve 4 Inchi:

 

Tipe Produk Bottom Loading
Bahan Besi Cor
Berat 5.500 gram
Ukuran 4 inchi
Merk Oilboy
Produksi China

 

Fitur API Adaptor Bottom Loading Valve 4 Inchi

Selain spesifikasi produk di atas, berikut ini adalah beberapa fitur yang terdapat pada alat bottom loading adaptor:

 

1. Adaptor dry break dengan perawatan dan masa pakai yang tahan lama.

2. Desain hidrodinamik untuk meminimalkan penurunan tekanan agar laju aliran meningkat.

3. Poros pegas yang akan meningkatkan masa pakainya.

4. Adaptor truk tangki kompatibel dengan semua sekrup dry break API.

5. Adaptor API memenuhi spesifikasi dan standar internasional.

 

Keunggulan Produk API Adaptor Bottom Loading Valve 4 Inchi

Sebelumnya telah dijelaskan mengenai spesifikasi lengkap sistem katup API yang sangat bermanfaat untuk memaksimalkan proses pemuatan bawah secara aman dan efektif. Produk ini banyak direkomendasikan dalam distribusi produk petrokimia karena memiliki beberapa keunggulan.

 

1. Awet untuk Penggunaan Jangka Panjang

Produk alat yang dipasang pada bagian bawah truk tangki ini terbuat dari bahan cast iron atau besi cor dengan ukuran 4 inchi. Penggunaan bahan yang berkualitas pada alat ini memungkinkan untuk penggunaan jangka panjang karena lebih awet.

 

Penggunaan besi cor pada alat ini memiliki daya tahan yang bagus dengan kekuatan benturan yang lebih besar. Selain itu, kepala API bagian depan bisa diputar ke atas untuk memaksimalkan kinerja adaptor.

 

2. Aman dan Meminimalisir Tumpahan

API Adaptor Bottom Loading Valve 4” juga mampu meningkatkan keamanan selama proses pemuatan berlangsung. Poppet bisa mengembang secara bebas dan dibuka dengan tekanan yang berasal dari probe adaptor terminal. Proses tersebut akan meminimalisir tumpahan.

 

3. Meningkatkan Kecepatan Pemuatan

Produk alat bottom loading ini memiliki desain bubungan yang berfungsi untuk menarik poppet adaptor. Jadi cukup efektif untuk meminimalkan pembatasan aliran produk petrokimia selama proses pemuatan berlangsung.

 

4. Kompatibel untuk Produk Petrokimia 

Secara garis besar, alat yang sudah terstandar secara internasional ini kompatibel untuk berbagai jenis produk petrokimia.

 

Produk API Adaptor Bottom Loading Valve 4 Inchi berkualitas diperlukan untuk mendukung proses pemuatan produk petrokimia secara maksimal. Agar tidak salah pilih, dapatkan produk tersebut hanya di Teknik Saurus yang berpengalaman lebih 30 tahun dalam menyediakan peralatan industri.

Loading...