article Apa itu Meteran Gas Mall/Industri? Ini Penjelasan & Jenisnya cover image
28 October 2022 PT Badja Abadi Sentosa

Apa itu Meteran Gas Mall/Industri? Ini Penjelasan & Jenisnya

Beranda > Artikel > PT Badja Abadi Sentosa > Apa itu Meteran Gas Mall/Industri? Ini Penjelasan & Jenisnya

Bagi sebagian orang mungkin masih asing dengan meteran gas mall/industri yang biasa digunakan di bidang industri. Alat ini memiliki fungsi penting karena akan mempengaruhi kinerja mesin saat memakainya.Umumnya, gas meter digunakan di area perumahan, komersial dan industri bangunan yang mengonsumsi bahan bakar gas. Mungkin tidak semua Anda paham mengenai alat ini, berikut penjelasan singkat seputar gas meteran untuk industri dan fungsinya.

 

Mengenal Meteran Gas Mall/Industri 


Meteran gas adalah suatu alat yang digunakan untuk mengukur kuantitas atau laju aliran gas, mengukur volume bahan bakar gas seperti gas alam dan propana. Gas lebih sulit diukur karena volume yang diukur dipengaruhi oleh suhu dan tekanan. Sedangkan gas industri merupakan bahan gas yang difabrikasi kan untuk digunakan pada industri. Gas utama yang tersedia adalah oksigen, karbondioksida, nitrogen, hidrogen, helium, argon, dan asetilena yang tersedia dalam kemasan tabung.

 

Baca Juga : Berdiri Sejak Tahun 2016. Teknik Saurus Merupakan Bagian Dari PT. Badja Abadi Sentosa 

 

Industri gas yang memproduksi gas industri dikenal dengan perusahaan gas industri yang mencakup pasokan peralatan dan teknologi yang menggunakan dan membuat gas-gas. Gas meter mengukur volume yang ditetapkan, terlepas dari jumlah tekanan atau kualitas gas yang mengalir melalui meter. Tekanan, pemanasan nilai kompensasi, dan suhu dibuat untuk mengukur jumlah pasti dan nilai gas bergerak melalui meter.

 

Desainnya terlihat berbeda dari meteran gas pada umumnya, tergantung dengan laju aliran volumetrik gas yang akan diukur, jenis gas yang diukur, kisaran arus yang disesuaikan, dan beberapa faktor lainnya.

 

Fungsi Meteran Gas Mall/Industri


Digunakan sebagai alat ukur, meteran gas berfungsi untuk mengukur sejumlah gas pada waktu dan keadaan tertentu. Lalu, apa saja sebenarnya fungsi meteran gas industri? Berikut di antaranya:

 

1. Membantu Merawat Mesin


Pada perusahaan industri, gas meter banyak digunakan untuk mengukur kapasitas dan kinerja alat. Kemudian akan terdeteksi kerusakan dari awal dan bisa menghindari kerugian yang lebih besar.

 

2. Membantu Menekan Biaya Produksi


Untuk menghitung biaya produksi biasanya membutuhkan pedoman dasar. Menggunakan gas meter industri angka ukuran yang dimasukkan dalam variabel perhitungan produksi bisa menjadi lebih akurat.

 

3. Proses Produksi yang Efisien Dan Efektif


Pada industri manufaktur penggunaan air, tekanan udara, dan steam menjadi satu hal yang krusial. Di mana penggunaannya harus disesuaikan dengan kebutuhan pada mesin produksi dan lini produksi.

 

4. Beda Perlakuan Untuk Setiap Material


Pada setiap material, alat ukur ini memiliki kekhasan masing-masing. Meteran gas mall/industri memberi data untuk menentukan ukuran pipa saluran yang akan digunakan.

 

5. Membantu Mengontrol Rangkaian Elektronik


Fungsi meteran gas industri selanjutnya adalah membantu mengontrol rangkaian elektronik. Rangkaian elektronik membutuhkan data input yang tepat dari gas meter. Angka-angka tersebut akan membantu sinyal dan aliran listrik bekerja dengan baik.

 

Jenis, Kelebihan dan Kekurangan Meteran Gas Industri

 


Laju aliran volumetrik gas akan diukur dengan menggunakan berbagai jenis meteran gas yang dirancang untuk mendeteksi jenis gas dan berbagai aliran. Berikut beberapa jenis gas meter beserta kelebihan dan kekurangan meteran gas industri maupun gas meter alam.

 

1. Diaphragm Meters


Jenis alat ukur gas ini memiliki empat ruang pengukuran. Keempatnya dihubungkan bersamaan untuk membentuk uni yang dipisahkan oleh diafragma dan dinding yang bisa dideformasi. Diafragma terhubung melalui piston yang berputar. Jumlah gas yang melaluinya bisa langsung diukur apabila volume masing-masing ruang sudah diketahui.

 

Lihat Produk Kami : Water Meter

 

Kelebihan pada jenis ini adalah pengukurannya juga bisa menggunakan generator pulsa untuk menyediakan pembacaan meter. Tapi sayangnya, kebocoran di bagian yang bergerak dan diafragma adalah penyebab utama, kesalahan pengukuran ketika menggunakan Diaphragm meters.

 

2. Rotary Displacement Meters


Meteran gas mall/industri jenis ini memiliki dua impeller berputar yang ditempatkan saling berhadapan dalam unit rumah membentuk meter perpindahan putar. Impeller diposisikan dengan baik agar penampangnya tegak lurus terhadap sumbu putar. Jadi, celah antara impeller dan rumah sangat kecil. Jumlah gas bisa diukur secara langsung saat volume masing-masing ruang sudah diketahui.

 

Lihat Produk Kami : Gas Meter

 

Sistem operasinya adalah gear yang memberikan dorongan eksternal pada ember pengukur untuk mensinkronisasikan impeller. Selama rotasi, 4 penampung gas dikeluarkan melalui ember pengukur. Jumlah rotasi sebanding dengan total aliran.

 

3. Ultrasonic Gas Flow Meter


Meteran gas ini merupakan alat yang digunakan untuk mendeteksi aliran gas dan biasanya digunakan pada industri pertambangan, kimia, hingga gas alam. Bekerja berdasarkan dengan perbedaan waktu, frekuensi, fase, dan metode Doppler. Metode perbedaan waktu biasa digunakan sebagai pengukur kecepatan dan laju alir dari gas. Dengan cara menghitung waktu transit gelombang ultrasonik di aliran hilir dan hulu.

 

Kelebihannya adalah instalasi lebih mudah, simpel tanpa harus mematikan aliran terlebih dahulu karena terpasang diluar pipa. Bisa berfungsi pada semua jenis pipa dari logam, polyurethane, dan lainnya. Kekurangannya adalah biaya yang relatif lebih tinggi apalagi dengan penerapan multi sensor. Pada low flow rate sinyalnya lebih cenderung lemah.

 

4. Turbin Meters


Selama pengukuran dengan jenis ini, molekul gas cenderung berjalan melalui meteran secara terus-menerus dan menghasilkan denyut selama kalibrasi. Peredam suara bisa digunakan untuk menghindari kesalahan pengukuran yang signifikan. Komponen utama dari Turbin Meters adalah sistem roda gigi, roda turbin, bagian ekstrusi, dan unit rumah tertutup. Turbin Meters menghitung kecepatan pergerakan gas melalui rotor atau heliks.

 

Kelebihan Turbin gas meter adalah dengan pemasangan dan kalibrasi yang tepat maka tingkat akurasi dan ketepatan yang tinggi mencapai 0.5%. Dari segi biaya relatif lebih murah dengan proses pemasangan dan pengoperasian yang mudah. Kekurangannya adalah ada bagian yang bergerak jadi rawan terjadi sumbatan. Apabila kekentalan cairan terlalu kuat maka akan terjadi error pada pengukuran.

 

Bagi Anda yang membutuhkan meteran gas mall/industri atau peralatan industri lainnya yang berkualitas dan terpercaya, maka Teknik Saurus adalah jawabannya. Toko ini menyediakan berbagai keperluan industri dengan kualitas terbaik.

 

 

Loading...