article Ketahui Jenis Meteran Air Modern Dengan Teknologi Tinggi cover image
23 November 2022 PT Badja Abadi Sentosa

Ketahui Jenis Meteran Air Modern Dengan Teknologi Tinggi

Beranda > Artikel > PT Badja Abadi Sentosa > Ketahui Jenis Meteran Air Modern Dengan Teknologi Tinggi

Dalam kehidupan sehari-hari tentu saja Anda mengenal apa yang disebut meteran air. Meteran air adalah sebuah alat pengukur aliran air yang biasa diberikan oleh PDAM. Dengan alat ini Anda bisa mengetahui berapa volume air yang telah digunakan dan juga kisaran biayanya. Namun apakah Anda mengetahui jenis meteran air PDAM yang ada di sekitar? Yuk baca selengkapnya di bawah ini

 

Jenis Meteran Air yang Wajib Diketahui!


Selain meteran air PDAM yang digunakan di rumah tangga, ada beberapa jenis meteran yang ada di masyarakat Indonesia. Apa saja itu? Berikut penjelasannya!

 

1. Meteran Air Magnetik 


Salah satu jenis meteran pertama yang akan kita bahas adalah meteran air magnetik. Jenis meteran ini adalah meteran yang sangat sering digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Prinsip kerja dari meteran air ini menggunakan prinsip magnetik. Cara kerjanya cukup sederhana dengan memanfaatkan sistem magnet yang kemudian dialiri dengan gelombang elektronik. 

 

Baca Juga : Manfaat Menggunakan Water Filter di Rumah!

 

Dengan teknologi tersebut, Anda bisa mengetahui berapa jumlah volume air yang telah digunakan. Biasanya dengan adanya data tersebut petugas PDAM bisa mencatat berkala jumlah pemakaian sesuai dengan periode yang telah ditentukan. Salah satu kelebihan dari jenis water meter ini yakni memiliki akurasi yang sangat tinggi. Selain itu alat ini juga memiliki tingkat penyimpanan atau deviasi yang mencapai 0,5%. Namun kekurangan dari alat ini adalah biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkannya cukup tinggi. Selain itu sensor sensitif yang ada pada alat ini membutuhkan tenaga ahli  untuk memasang dan mengoperasikannya.

 

2. Meteran Air Mekanis 


Selanjutnya kita akan bahas tentang jenis meteran air mekanis. Meteran air mekanis ini adalah salah satu jenis meteran yang juga cukup umum digunakan di kalangan masyarakat Indonesia. Cara kerja dari jenis meteran mekanis ini adalah mengalirkan air dengan menggerakkan baling-baling yang biasa disebut dengan vane wheell. 

 

Lihat Produk Kami : Meteran Air Bersih Size 125 mm

 

Alat tersebut terhubung dengan alat hitung mekanis yang dapat digunakan sebagai patokan data yang bisa diberikan untuk penggunaan jumlah air. Jenis meteran mekanis ini juga terbagi menjadi dua yaitu single jet dan multiple jet. Kelebihan dari meteran mekanis ini adalah memiliki biaya pemasangan yang cukup terjangkau. Selain itu, alat ini juga mudah untuk dioperasikan.  Namun kekurangan dari alat ini adalah memiliki tingkat akurasi yang kurang stabil. Sehingga Anda harus melakukan pengecekan berkala yang cukup intens untuk mendapatkan hasil yang akurat. 

 

3. Meteran Air Ultrasonik 


Nah selanjutnya kita akan membahas tentang jenis meteran yang sangat unik. Jenis meteran tersebut adalah meteran ultrasonik. Jenis meteran ini menggunakan prinsip ultrasonik dalam pengoperasiannya. Perlu diketahui bahwa cara kerja alat ini adalah menggunakan gelombang ultrasonik. Gelombang tersebut ditembakkan pada saluran pipa terbuka maupun tertutup untuk mendapatkan jumlah volume atau debit air yang melewatinya. 

 

Lihat Produk Kami : Meteran Air Bersih Size 400 mm

 

Dengan adanya perkembangan teknologi yang cukup signifikan, sistem meteran ultrasonik adalah salah satu jenis meteran yang paling modern. Dengan teknologi meteran ultrasonik ini banyak sekali perusahaan penyedia air untuk mengatur volume air pada berbagai jenis wilayah. Menariknya lagi, jenis meteran air ultrasonik ini mampu menghasilkan perhitungan data digital yang sangat cepat dari sensor ultrasonik. Bahkan hasil perhitungan tersebut bisa secara otomatis ditransfer kepada data center yang telah ditentukan. 

 

Dengan adanya teknologi yang sangat modern tentu saja penyedia air bisa melakukan pekerjaannya dengan lebih efektif. Kelebihan dari jenis meteran ultrasonik ini juga cukup banyak. Tingkat akurasi yang sangat tinggi, komponennya tidak bergerak, dan bisa dipantau secara real time oleh penggunaannya. Berbagai jenis meteran air PDAM telah kami sampaikan di atas. Pastikan Anda memilih jenis meteran yang sesuai dengan kebutuhan. Lalu sebenarnya apa sih manfaat yang bisa didapat dengan menggunakan meteran airi? Selengkapnya simak dalam ulasan di bawah in!

 

Ragam Fungsi Jenis Meteran Air

 


Selain untuk mengetahui debit penggunaan air, manfaat dari meteran air sangatlah beragam. Anda bisa mendapat banyak keuntungan dengan mengetahui fungsi meteran air seperti:

 

1. Menghemat Air 


Dengan menggunakan meteran air tentu saja bisa menghemat penggunaan air sehari-hari. Dengan adanya alat tersebut, Anda bisa mengontrol apakah penggunaan air termasuk boros atau sesuai dengan standar pemakaian.  Anda juga bisa melakukan kontrol secara mandiri untuk menghindari kebocoran pipa. Banyak sekali masyarakat yang tidak mengetahui bagaimana terjadinya lonjakan tagihan pada PDAM. Dengan adanya kesadaran diri untuk melakukan pengecekan maka Anda akan terhindar dari hal tersebut.

 

2. Pengukuran Lebih Akurat 


Dengan menggunakan meteran air yang berkualitas tinggi, Anda dapat memiliki data akurat tentang volume air yang telah digunakan. Artinya, Anda juga bisa menyesuaikan pembayaran tagihan yang akan diterima sesuai dengan volume air yang telah digunakan. Dengan cara ini Anda tentu bisa meminimalisir terjadinya kesalahan tagihan dan volume air yang digunakan.

 

Anda bisa langsung mengkomunikasikan jenis meteran air yang diinginkan dengan menghubungi penyedia meteran berpengalaman. Kami adalah sebuah e commerce yang telah berpengalaman sejak tahun 2016, dengan memberikan produk-produk berkualitas dan harga terbaik. Teknik Saurus adalah penyedia alat industri yang sangat terpercaya. Kami berdiri di bawah naungan PT Baja Abadi Sentosa yang memang terdaftar secara resmi untuk brand-brand ternama Indonesia yang kami distribusikan. 

 

Loading...