article Pentingnya Menggunakan Pressure Reducing Valve Untuk Gedung Bertingkat cover image
28 July 2022 Valve

Pentingnya Menggunakan Pressure Reducing Valve Untuk Gedung Bertingkat

Beranda > Artikel > Valve > Pentingnya Menggunakan Pressure Reducing Valve Untuk Gedung Bertingkat

Salah satu jenis gate valve yang banyak digunakan yaitu pressure reducing valve atau yang bisa disebut juga dengan PRV. PRV ini merupakan pengatur tekanan air yang banyak digunakan pada gedung bertingkat tinggi dengan banyak lantai dan menggunakan sistem instalasi pipa besar. PRV akan melakukan pendistribusian air melalui piping installation dari sistem sumber tekanan tinggi seperti pompa, kompresor ke sistem pengguna yang bertekanan rendah. 

 

Baca Juga : Tempat Jual Adaptor Bottom Loading: Vapor Vent Valve 4 Termurah!

 

Gedung bertingkat tinggi ini sangat penting menggunakan PRV ini karena dapat menjaga tekanan air menjadi lebih baik dan stabil. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, Anda bisa menyimak informasi selengkapnya di bawah ini. 

 

Pentingnya Menggunakan Pressure Reducing Valve


Terdapat beberapa keuntungan bagi gedung bertingkat tinggi menggunakan pressure reducing valve ini pada area instalasi air gedung. Berikut kami bagikan pentingnya menggunakan PRV di bawah ini. 

 

1. Mengatur Tekanan Air Menjadi Stabil


Tekanan air pada gedung bertingkat akan meningkat seiring bertambahnya kedalaman pipa dari permukaan air. Sehingga semakin tinggi gedung bertingkat Anda, maka semakin besar pula tekanan air pada pipa di lantai dasar. Apalagi tekanan air di tiap lantai juga akan berbeda sehingga dapat membahayakan instalasi pipa hingga menyebabkannya meledak. Perbedaan tekanan ini dapat disebabkan karena jarak, ketinggian, dan topografi tiap lantai di dalam gedung.  

 

Untuk mengatasi hal tersebut, perlu dipasang alat untuk mengatur tekanan air dengan baik dengan menggunakan pressure reducing valve atau PRV. PRV akan mengatur tekanan air sehingga dapat menjadi stabil kembali di tiap lantai.   

 

2. Mencegah Peralatan Instalasi Air Mengalami Kerusakan


Tidak hanya mengatur tekanan air di gedung bertingkat menjadi stabil saja, PRV ini juga dapat mencegah peralatan instalasi air yang digunakan mengalami kerusakan. Kerusakan peralatan instalasi air tersebut dapat terjadi karena tekanan air yang tinggi di tiap lantai gedung. Sehingga dengan penginstalan PRV dapat mencegah peralatan instalasi air tersebut menjadi rusak. 

 

 

Cara Kerja dan Prinsip Kerja PRV


Cara kerja dari PRV ini yaitu mengatur tekanan air pada aliran di pipa-pipa kapiler sehingga menjadi stabil. Pada tiap PRV, memiliki 2 regulator yang fungsinya berbeda-beda. Pada regulator pertama, berfungsi mengatur tekanan maksimum instalasi air. Sedangkan pada regulator kedua, berfungsi mengatur tekanan minimumnya. 

 

Lihat Produk Kami : Pressure Reducing Valve

 

Penerapan regulator pertama ini akan sangat dibutuhkan untuk toilet di tiap lantai. Regulator pertama akan mengatur tekanan air di toilet agar tidak terlalu tinggi atau melebihi kapasitas maksimumnya. Jika tekanan di toilet terlalu tinggi, akan berpengaruh pada perangkat toilet, seperti shower, jet spray yang dapat memancarkan air menjadi terlalu besar sehingga dapat mengganggu kenyamanan penggunanya. 

 

Ketika air digunakan dengan intensitas banyak akan meningkatkan kerja instalasi air sehingga meningkatkan tekanan. Inilah fungsi regulator kedua pada PRV, karena ketika tekanan air meningkat di tiap lantai akan menurunkan tekanan minimum pada PRV sehingga air dapat digunakan secara maksimal.

 

Lihat Produk Kami : Butterfly Valve

 

Untuk prinsip kerja pada PRV, menggunakan prinsip sistem mekanis. Prinsip tersebut akan membuat tekanan air mengecil pada ruangan di dalam diafragma PRV karena pegas pertama akan menekannya. Tidak hanya itu saja, pada pegas pertama juga akan menekan poppet valve dan membuka aliran air agar bisa masuk ke dalam diafragma PRV. Pegas 2, akan menambah kekuatan pada pegas 1 sehingga dapat menutup kembali poppet valve dengan baik. 

 

Penginstalan PRV yang Tepat


Penginstalan PVR ini bisa diletakkan dengan jarak 6 lantai pada satu gedung dan harus diletakkan di pipa input air Untuk tekanan air maksimum pada inlet, lebih baik di setting sekitar 3 hingga 4 kg/cm2. Pengaturan tersebut dapat menjaga keamanan tekanan maksimum pada peralatan instalasi air. 

 

PVR ini lebih baik dipasang dengan posisi horizontal karena dapat mencegah pengikisan yang menyebabkan menurunnya performa PRV. Untuk melakukan instalasi harus dilakukan oleh ahlinya untuk mendapatkan hasil yang baik dan memuaskan. Selain PRV kami juga menyediakan produk lain seperti butterfly valve.

 

Bagi Anda yang sedang membutuhkan pressure reducing valve, dapat membelinya di toko kami Teknik Saurus Distributor valve jakarta. Kami menyediakan produk PRV dengan kualitas terbaik untuk menjamin kepuasan Anda menggunakan produk di toko kami. Segera kunjungi kami untuk mendapatkan penawaran harga PRV terbaik. 

Loading...